Minggu, 30 Oktober 2011

cara membuat lens squido

  Squidoo adalah web 2.0 yang menyediakan tempat untuk penulis online mencari uang. Penulis dapat memamerkan karya atau artikelnya dalam web ini. Para penulis dapat menghasilkan uang dari iklan dan

Membuat Squidoo tidaklah sulit. Bagi yang terbiasa bekerja dengan office maka membuat squidoo tidaklah sulit. Ada beberapa modul yang harus kita isi. Setidaknya ada tiga module yang kita isis seperti modul teks, modul Amazon, modul komen.

Jika berminat kita dapat sign up atau register ke Squidoo. Kita dapat membuat lebih dari satu akun asal jangan menggunakan banyak akun untuk kasih jempol akun kita yang lain atau menyalahgunakan akun kita.
Untuk menjadi anggota squidoo gratis dan tidak dipungut bayaran.

Setelah membuat akun, sebaiknya kita isi profile kita. Isilah profile yang menggambarkan keahlian kita seperti blogging, SEO, ilmu sosial dan lain-lain. Kita juga dapat mengisi link blog ke website, blog, twitter, facebook, online shop dan berbagai macam. Ini tentu akan meningkatkan popularity link kita atau meningkatkan pagerank blog kita. Tentu saja ini sangat menguntungkan kita. Menulsi profile bisa salam berbagai bahasa namun untuk lebih familiarnya sebaiknyamenggunakan bahasa Inggris. Jika anda tidak bisa bahasa Inggris mungkin anda dapat meminta bantuan bahasa Inggris.

Memulai Squidoo
Jika Akun sudah terbuat maka kini tigas anda adalah membuat beberapa lens atau squidoo lens. Berapa batasan jumlah kata dalam lens. Penulis juga tidak tahu pasti namun sebaiknya lens terdiri setidaknya dari 300 kata. Dalam satu modul teks dibatasi untuk 10,000 karakter atau sekitar 1500 kata. Jika anda punya artikel lebih dari 1500 kata anda dapat memecahnya ke dalam beberapa modul atau anda dapat membuat lens baru.

Baiklah kita mulai saja membuat lens ini.
1. Pertama, klik create lens pada sudut atas halaman squidoo setelah kita login terlebih dahulu
2. Ketik judul yang pas dan cocok untuk lens anda. Sebelumnya anda juga harus meriset judul yang cocok. Anda dapat menggunakan IGoogle, Google trends, atau beberapa cara lain untuk mencari keywords yang sesuai dengan topik anda dan dapat menempati peringakt pertama pencarian, Klik continue
3. Kemudian tuliskan nama URL yang cocok untuk lens anda. Ingat kita tidak bisa mengubah nama URL sekehendak kita kecuali anda membuat kembali lens dan itu tentu saja merepotkan anda sendiri.
4. Dibawahnya ada tiga kolom yang dapat kita isi dengan tags atau keywords atau kata kunci yang berkaitan dengan
5. Kemudian click create lens

Anda akan bertemu dengan module lens dasar seperti Intro text, module teks, Amazon Teks dan modul komen.

Intro Text

Isikan intro text dengan beberapa kata perkenalan

Table of content
Pilih opsi on tabble of content jika anda mau menaruh table of content pada lensa anda.

Discovery Tool
Anda dapat menaruh setidaknya tiga lens URL pada tempat ini usahakan untuk menaruh lens dengan satu jensi. Contoh: Masukkan lens burung pada lens burung lainnya.

Kemudian tulis di modul teks atau anda dapat memindahkan artikel kedalam modul ini. Jika anda bisa menggunakan bahasa HTML atau CSS maka anda dapat menggunakan modul teks ini seperti merubah teks, mewarnai teks, mengupload gambar, links dan lain-lain. Anda juga dapat download squidoo toolbar agar dapat menulis hubpages lebih mudah di squidoo.

Modul Amazon
Modul ini adalah salah satu modul Amazon yang paling sederhana disamping beberapa modul Amazon lain seperti Amazon spotlight, Amazon module dan Amazon. Cara mengisinya gampang sekali. Bukalah modul tersebut.
1. Tulis judul yang menarik untuk mdul anda seperti Buku-buku yang menarik, Buku yang saya rekomendasikan atau sejensinya. Kata squiddo veteran jangan malu untuk mempromosikan barang di sisni. Kemudian tulis juga subtittle untuk modul kita dan jelaskan modul kita (ini opsional).
Ada dua cara untuk mencari produk yakni:
1. Menambah sendiri produk URL. Anda dapat menambah hingga lima produk Amazon. Anda dapat search dulu produk yang ada di Amazon. Cara ini repot karena bisa jadi produk yang anda tampilkan sedang habis sehingga anda harus sering memperbarui link.
2. Let Amazon Pick atau kalau dalam bahasa Indonesianya biarkan Amazon yang mencari. Ini cara yang lebih mudah tinggal tekan kata kunci barang atau produk yang ingin kita pamerkan.
Pilih kategori produk yang anda inginkan seperti buku, software, mp3, peralatan rumah, makanan, dan lain sebagainya.

Modul komen
Modul in hanyalah tempat orang berkomentar. Buatlah suatu judul yang menarik agar pengunjung mau berkomentar di lens anda. Anda bisa memilih siapa yang komen. Jika anda hanya mengizinkan anggota squidoo atau tiap pengunjung. Ada pilihan untuk langsung menerbitkan komentar atau anda dapat menyaring setiap komentar yang datang.
Kita dapat menambah lima produk ke dalam modul Amazon kita. Kita juga dapat menambahkan deskripsi produk. Jika ingin menambah produk yang akan kita jual ada baiknya kita tambah modul lagi. Saya sama sekali mengetahu dengan pasti berapa jumlah Amazon module yang boleh ditambahkan dalam satu lens namun hendaknya jangan memuat modul Amazon terlalu banyak karena lens kita akan terlihat terlalu komersial.

Cara promosi Squidoo
Setelah selesai membuat Squidoo Lens, sebaiknya kita promosikan lens ini untuk mendapatkan pengunjung yang berarti juga akan mendatangkan dollar ke lens kita. Cara mempromosikan lens ini tidak berbeda jauh dengan mempromosikan blog. Berikut ini cara mempromosikan lens squidoo:
1. Tambahkan URL pada search engine seperti Google, Yahoo, dan Bing.
2. Bookmark lens anda pada social bookmark terkenal seperti digg, delicious, stumble upon, reddit, dan lain-lain.
3. Promosikan link anda melalui jaringan microblogging seperti twitter, plurk, tumblr, koprol, Yahoo Meme dan lain sebagainya. Siapa tahu ada followers anda yang tertarik melihat lens anda.
4. Gunakan jaringan pertemanan (social networking) seperti facebook, friendster, multiply, myspace dan sejenisnya. Tulis status di sana dan katakan bahwa anda sudah membuat suatu lens.
5.Buat sebuah blog untuk mempromosikan lens anda. Anda bisa buat blog gratis seperti blogspot atau wordpress. Tuliskan beberapa bagian kata atau paragraph dari lens anda.
6. Promosikan lens anda pada forum-forum yang telah mempunyai banyak anggota seperti Yahoo answer, digital point, dan kaskus.
untuk lebih jelas nya kunjungi: 
http://www.squidoo.com/workshop/cara-membuat-lens-squidoo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar