Minggu, 23 Oktober 2011

Cara Mengembalikan Pesan Yang Terhapus

Banyak orang yang terkejut ketika mengetahui bahwa mengembalikan pesan singkat alias SMS (Short Message Service) merupakan hal yang mungkin dilakukan di bawah kondisi tertentu. Biasanya proses ini memerlukan proses ekstraksi informasi yang telah terhapus dari data yang ditemukan pada kartu (SIM card) dan menggunakan software tertentu untuk membaca pesan tersebut.


Alasan mengapa mengembalikan pesan teks dimungkinkan ketika pesan tersebut telah terhapus adalah bahwa data yang telah dihapus ternyata tidak benar-benar terhapus sepenuhnya. Sementara pesan tersebut akan tidak terlihat dan tidak dapat lagi diakses, namun kenyataanya informasi yang berkaitan tetap ada di sana.
Sama halnya dengan teknologi yang ditemukan pada hard disk komputer, teknologi pada SIM card juga merupakan teknologi yang mengalokasikan space untuk pesan, dan akan tetap teralokasi sampai terdapat informasi baru (dalam keadaan ini adalah pesan baru) yang masuk sehingga menimpa (overwrite) alokasi space informasi yang lama. Artinya, selama alokasi space belum ter-overwrite oleh data yang baru, maka terdapat kemungkinan untuk mengembalikan pesan yang telah terhapus pada handphone Anda.
Untuk mengembalikan pesan teks yang telah terhapus, merupakan hal yang penting untuk menggunakan sebuah perangkat yang bernama SIM card reader. Perangkat ini dapat digunakan untuk mengakses semua data yang terdapat pada SIM card, termasuk space yanag menampung data telah telah terhapus. Dari sini, Anda dapat menggunakan sebuah software untuk mengambil data yang telah dihapus dan memindahkannya pada tempat lainnya. Cukup sederhana, bukan?
Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar